Terowongan Kereta api tertua di Jawa barat indonesia

Terowongan Kereta api tertua di Jawa barat indonesia

Terowongan Kereta api tertua di Jawa barat indonesia terletak di cianjur. hallo sahabat treveler ada info menarik lagi nih dari Kota Cianjur. Apakah kamu sudah tau trowongan kereta api tertua di indonesia khususnya di pulau jawa barat. Terowongan lampegan merupakan terowongan kreta api yang pertama khususnya di wilayah pulau jawa barat loh. Terowongan yang dibangun pada tahun 1879 sampai dengan 1882 oleh Perusahaan Kereta Api Negara Staatspoorwegen (SS). Dengan jalur kereta api Sukabumi-Cianjur yang membentang sepanjang kurang lebih hingga 39 kilometer. Bertujuan di bangunnya Terowongan ini untuk mendukung jalur kereta api rute Bogor-Sukabumi-Bandung.

Terowongan Kereta api tertua di Jawa barat indonesia

Terowongan Kereta api tertua di Jawa barat indonesia

Perjalanan menuju terowongan ini kamu juga bisa langsung menuju ke wisata Situs Gunung Padang di Desa Karyamukti. Kecamatan Cempaka. Kab.Cianjur. Stasiun Lampegan dan Terowongan Lampegan suda masuk kawasan Cagar Budaya. Pasca peristiwa longsor pada tahun 2001 dan tahun 2006. Kondisi terowongan Lampegan saat ini sudah renopasi. Setelah dibangunnya terowongan Lampegan ini di wilayah Bandung juga dibangun beberapa terowongan lain yang mempermudah jalur kereta api. Terowongan tersebut diantaranya Sasaksaat pada lintasan Batavia-Bandung via Cikampek di tahun 1902 dan ada 3 terowongan lagi di Ciamis selatan dibangun pada tahun 1918.

 Dari instagram  @fadhlanadhitya

Bagi kamu para treveler yang hendak pergi ke sukabumi dari cianjur ataupun sebaliknya akan melewati trowongan tertua ini. Dan di tahun 2018 ini ada kabar baik mengenai transfortasi kereta api di cianjur. Mungkin sebelumnya para masyarakat cianjur sangan merindukan rute cianjur bandung aktif kembali dan alhamdulillah saat ini tengat renopasi rel kereta menuju bandung. Jadi buat kamu yang males macet macetan ke bandung ataupun ke sukabumi kamu bisa menggunakan transfortasi umum ini. Jangan lupa berlibur sobat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *